Mengenal Bagian-Bagian Steger - BankiZocodes.COM

ads

 Komunitas Blogger Depok
LATEST UPDATES

Friday, February 3, 2017

Mengenal Bagian-Bagian Steger


Steger merupakan rangkaian penyangga untuk menopang para pekerja dan juga bahan material di konstruksi bangunan, dengan bantuan dari steger pekerja akan mampu menjangkau area yang tinggi.  

Steger atau perancah terdiri dari beberapa bagian, bagian penyusun steger tersebut bertujuan agar steger dapat berdiri dengan baik dan kuat. Beberapa bagian tersebut mudah anda temukan di toko jual steger.
Simak ulasan dari bagian-bagian steger dibawah ini : 



Main Frame
Main frame merupakan bagian utama dari rangkaian perancah, terdapat beberapa ukuran tinggi dari main frame seperti 1.7 m atau 1.9 m, lebarnya sekitar 1.22 m

Ladder Frame
Ladder Frame adalah bagian yang diletakkan diatas main frame. Ladder frame merupakan rangka atas dari steger atau perancah. Fungsi dari ladder frame adalah untuk mendapatkan perancah yang lebih tinggi dan lebih kuat. Di jasa jual steger umumnya terdapat 2 jenis ladder dengan tinggi 90 cm atau 120 cm.

Cross Brace
Cross Brace merupakan bagian untuk menyambung bagian-bagian main frame, sambungan dilakukan dengan posisi menyilang. Posisi sambungan secara menyilang akan menjadikan steger berdiri lebih kokoh dan kuat. Terdapat 2 macam ukuran panjang cross brace ada yang panjangnya 220 cm dan 193 cm.

U-Head
U-Head adalah bagian yang terletak pada bagian ujung atas atau lebih tepatnya terletak diatas ladder frame. U-Head difungsikan untuk menopang papan / balok kayu 

Jack Bass
Jack Bass pada perancah mempunyai fungsi sebagai tumpuan atau kaki penyangga dari rangkaian steger. Karena fungsinya sebagai tumpuan maka jack bass terletak pada bagian bawah steger.

Pipe Support
Pipe Support merupakan bagian penting lainnya dari perancah, bagian ini digunakan untuk mendukung bekisting kolom. 

Itulah beberapa bagian-bagian perancah, bagian-bagian dijual bebas dipasarana. Anda dapat menemukannya dengan sangat mudah, setiap jasa jual steger pasti terdapat bagian-bagian tersebut.

Dengan mengetahui bagian-bagian steger diharapkan akan lebih memudahkan anda dalam menyusu rangkaian sebuah perancah. Agar perancah berdiri dengan kuat dan kokoh rangkailah sesuai dengan prosedur yang sudah berlaku. Pastikan untuk menggunakan perancah atau steger yang masih layak pakai.

Share This :

Post a Comment

 

Top