Hemat Energy Industry dengan Menata Pencahayaan - BankiZocodes.COM

ads

 Komunitas Blogger Depok
LATEST UPDATES

Thursday, March 12, 2015

Hemat Energy Industry dengan Menata Pencahayaan


Perlu diakui bahwa penggunaan energy industry memang menjadi konsumsi energi terbesar dilihat dari kegiatan operasional. Sebuah pabrik misalnya akan menggunakan banyak mesin yang mendukung kegiatan produksi. Kegiatan ini membutuhkan kapasitas energi yang cukup besar untuk menghidupkan mesin-mesin besar yang digunakan. Melakukan penghematan energi di dunia industri memang menjadi hal yang tidak mungkin dilakukan mengingat kegiatan operasional harus dijalankan secara rutin.

Salah satu langkah melakukan penghematan terhadap industri energi yang bisa diterapkan ialah menata kembali sistem pencahayaan. Berikut diantaranya:

1. Instalasi lampu yang menggunakan lampu tutup plastik putih 18,3 W/m2 sebaiknya diganti dengan menggunakan penerangan kaca refleksi 10,5 W/m2 yang menghemat sekitar 43%,
2. Memanfaatkan cahaya matahari yang berhasil masuk ke ruang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi bagi lampu penerangan yang digunakan dengan alat penyimpan daya matahari,

Pemakaian lampu sebaga sumber penerangan di industri memang menjadi konsumsi listrik terbesar setelah pengoperesian mesin. Sehingga penting sekali memilih lampu yang tepat dan menggunakan teknologi terbaru untuk menghemat konsumsi energi. 

Proses kegitatan hemat energi ini perlu dilakukan sebab sumber energi listrik di negara kita didapatkan dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebut saja batu bara dan minyak bumi yang proses pembentukannya diperlukan ratusan hingga jutaan tahun. Agar generasi penerus tetap bisa melihat listrik dan mencari pendapatan melalui kegiatan industri. Sebaiknya mulailah menghemat energy industry saat ini juga!

Share This :

Post a Comment

 

Top