Tips Mempersiapkan Persalinan bagi Ibu Hamil - BankiZocodes.COM

ads

 Komunitas Blogger Depok
LATEST UPDATES

Monday, February 16, 2015

Tips Mempersiapkan Persalinan bagi Ibu Hamil


Setelah 9 bulan lamanya perhatian ibu hamil terfokus pada perkembangan janin yang dikandungnya, menjelang saat-saat melahirkan kesibukan akan semakin bertambah dengan menyiapkan segala sesuatu yang terkait dengan persalinan. Mempersiapkan persalinan sangat penting untuk dilakukan, karena selain memberi dampak secara langsung terhadap proses kelahiran bayi, juga berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan bayi yang dilahirkannya nanti.
Lantas, persiapan apa saja yang harus dilakukan dalam menghadapi persalinan? Berikut beberapa tips yang dapat dijadikan rujukan:

1. Persiapan Fisik
Proses persalinan dapat berjalan dengan baik dan lancar, jika seorang ibu memiliki fisik yang sehat dan bugar apalagi ditambah dengan melakukan senam ibu hamil. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh itulah, Anda perlu melakukan olah raga ringan saat usia kehamilan memasuki trisemester ketiga, entah itu jalan kaki, senam hamil, atau yoga. Penuhi nutrisi tubuh dengan gizi yang cukup dan seimbang, karena dengan nutrisi yang terpenuhi, selain dapat membantu memperlancar proses persalinan, juga berpengaruh terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan janin yang dilahirkan. Lakukan pemeriksaan rutin selama masa kehamilan, bila perlu berkonsultasilah dengan dokter obstetri ginekologi, bidan, dan tenaga kesehatan lainnya yang memiliki banyak pengetahuan seputar kehamilan.

2. Persiapan Mental
Persiapan mental juga perlu dilakukan oleh ibu hamil menjelang persalinan, agar proses kelahiran bayi bisa berjalan dengan lancar. Persiapan mental tersebut bisa dilakukan dengan menghilangkan rasa takut yang diakibatkan oleh rasa sakit saat persalinan, menghilangkan rasa takut bayi akan lahir dengan tubuh yang cacat, menghilangkan rasa takut kehilangan nyawa Anda dan nyawa bayi, serta menepis rasa malu saat berhadapan dengan tenaga medis di ruang persalinan. 

Ungkapkan kecemasan yang Anda rasakan pada orang-orang terdekat, utamanya suami, bila perlu ikuti kelas khusus antenatal guna mempersiapkan mental Anda agar lebih kuat saat menghadapi persalinan.  Untuk lebih menguatkan mental, Anda bisa memotivasi diri sendiri dengan membayangkan wajah bayi yang akan dilahirkan, menanamkan keyakinan dan rasa optimis bahwa proses melahirkan adalah kodrat bagi para wanita, serta memperbanyak doa agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalani persalinan.

3. Persiapan Kebutuhan Pasca Melahirkan 
Mempersiapkan kebutuhan pasca melahirkan sangat penting untuk dilakukan, karena dengan tersedianya segala sesuatu yang dibutuhkan, seorang ibu dapat lebih tenang beristirahat. Apalagi pasca melahirkan tenaga ibu akan terkuras habis, dan disisi lain masih harus menemui para tamu yang banyak berdatangan untuk ikut berbagi kebahagiaan. Berbagai sarana yang harus dipersiapkan pasca melahirkan, diantaranya adalah: baju dan popok bayi, pompa asi, korset, baju untuk ibu pasca melahirkan termasuk kebutuhan pribadi ibu, nipple cream untuk meminimalisir kemungkinan lecet saat menyusui, stok makanan, dan tentu saja kebutuhan awal bagi bayi. 

Kebutuhan awal bayi ini pada umumnya terdiri atas: baby oil, baby lotion, baby cream, baby Shampoo, baby soap, serta baby Wipes. Untuk memenuhi kebutuhan awal bayi tersebut Anda tidak perlu repot mencari informasi kesana-kemari, karena Zwitsal sudah mempersiapkan secara lengkap segala sesuatu yang dibutuhkan oleh bayi. Jangan khawatir dengan kualitasnya, karena Zwitsal sudah memiliki pengalaman selama puluhan tahun dalam memproduksi produk-produk khusus untuk bayi. Selain itu, bahan-bahan yang dipakai Zwitsal untuk semua produknya tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, tapi menggunakan bahan-bahan alami yang aman serta bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi.

Demikian beberapa tips mempersiapkan persalinan bagi ibu hamil, agar dapat melahirkan bayi yang dikandungnya dengan selamat, dan dapat merawat bayi yang lahir dengan baik, sehingga dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana yang diharapkan.

Share This :

Post a Comment

 

Top