Tips Snorkeling Bagi Pemula - BankiZocodes.COM

ads

 Komunitas Blogger Depok
LATEST UPDATES

Saturday, November 29, 2014

Tips Snorkeling Bagi Pemula

Tips Snorkeling Bagi Pemula

Indonesia memiliki banyak kekayaan bahari. Banyak sekali spot-spot menarik untuk dinikmati, terutama di alam bawah lautnya. Kekayaan alam yang tersembunyi di dalam air ini, sangat sayang jika dilewati.

Tak perlu bingung atau takut jika Anda bukan orang yang berpengalaman di bawah laut. Snorkeling adalah cara yang paling mudah untuk menikmati bawah laut, tanpa perlu pelajaran atau trik khusus. Berikut ini, Burufly mempunyai beberapa tips bagi pemula saat melakukan snorkeling.

Cek peralatan dan cara pemakaian
Sebelum melakukan snorkeling, periksa terlebih dahulu kondisi peralatan dibutuhkan, seperti masker dan kaki katak. Cek juga apakah snorkel masih layak pakai atau ada yang bocor, sehingga tidak mengganggu saat Anda sedang snorkeling. Periksa apakah kaki katak masih lentur dan sesuai dengan ukuran kaki. Setelah itu, pastikan memasang masker dengan benar.

Jika Anda memiliki rambut panjang, kuncir terlebih dahulu agar tidak mengganggu pemandangan. Kencangkan masker senyaman mungkin jangan terlalu kencang ataupun longgar. Ini untuk menghindari timbulnya embun yang menghalangi pandangan.

Snorkeling bersama dan jangan terlalu jauh
Saat melakukan snorkeling, jangan sampai terlalu jauh dari teman atau rombongan Anda. Terkadang karena terlalu menikmati, sehingga lupa Anda sudah berenang terlalu jauh. Ingat snorkeling hanya menggunakan alat yang sederhana, sehingga tidak disarankan untuk Anda melakukan snorkeling terlalu jauh karena membahayakan.

Biasakan napas dengan snorkel
Sebelum melakukan snorkeling, ada baiknya melakukan latihan terlebih dahulu bernapas dengan snorkel. Gunanya untuk membiasakan Anda bernapas dengan snorkel pada saat di dalam air. Saat sudah di dalam air, buatlah diri Anda senyaman mungkin, dan yang terpenting jangan panik.

Masker dan snorkel clearing
Bukan hal yang aneh jika terdapat air laut yang masuk ke dalam snorkel, dikarenakan ombak yang tidak menentu. Cara membersihkannya, Anda tidak perlu keluar dari air, cukup menarik nafas panjang, lalu hembuskan kuat-kuat dengan mulut, sehingga air keluar melalui corong snorkel karena dorongan udara. Setelah itu bernapas lagi dengan normal. Apa pun yang terjadi jangan panik. Karena hanya akan membuang-buang tenaga Anda di dalam laut.

Tetap menjaga kelestarian
Selain harus menjaga keselamatan diri Anda pada saat snorkeling, Anda juga harus menjaga kelestarian alam bawah laut. Jangan sampai Anda merusak terumbu karang ataupun biota laut lainnya. Jangan membuang sampah sembarangan, dan yang terpenting jangan mengambil apa pun dari bawah laut

Share This :

Post a Comment

 

Top